Cara Menyembunyikan Aplikasi Di iPhone dan iPad

Ini adalah sebuah cara bagi seseorang yang tidak ingin aplikasi di dalam perangkat iPhone yang dimilikinya bisa sembarangan dibuka oleh orang lain ketika ada yang sedang meminjamnya. Meskipun sebenarnya ada cara untuk mengunci setiap aplikasi yang kita inginkan, namun hal tersebut akan membuat kita terkesan pelit, karena kita sengaja membiarkan orang lain tahu adanya aplikasi tersebut tapi mereka tidak bisa membukanya, dan hanya pemilik perangkatlah yang bisa.
Cara menyembunyikan aplikasi di iPhone yang akan dijelaskan di artikel ini merupakan metode yang lebih halus seolah-olah kita tidak punya aplikasi tersebut namun kita bisa menampakkannya dan membukanya sesuka hati tanpa orang lain yang tahu.

Menyembunyikan aplikasi di iPhone merupakan fitur bawaan dari iOS6 dan anda tidak perlu melakukan Jailbreak ataupun menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga. Jadi bagi anda yang masih menggunakan iOS5 ke bawah tidak akan bisa menggunakan cara ini. Dan perlu diingat bahwa cara ini hanya menyembunyikan ikon aplikasi di Springboard iPhone, bukan menghapus aplikasi tersebut dari iPhone anda.

Terdapat 2 macam cara menyembunyikan aplikasi di iPhone, yaitu menyembunyikan aplikasi bawaan iPhone seperti Kamera, Pesan, Kontak, atau Album Photo dan yang kedua adalah menyembunyikan aplikasi selain bawaan iPhone atau aplikasi yang telah anda download dari Appstore seperti Facebook, Twitter, Google Maps, dan lainnya.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Bawaan iPhone

Yang pertama adalah bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di iPhone yang termasuk aplikasi bawaan iPhone itu sendiri. Silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

1. Silahkan buka menu Setting, kemudian pilih General.

2. Masuk ke bagian Restrictions, lalu pilih Enable Restrictions. Jika ini adalah pertama kalinya anda mengaktifkan fitur ini, maka anda akan diminta untuk membuat kode kunci. Kode kunci ini berbeda dengan kode kunci yang digunakan di layar kunci iPhone. Namun jika anda sudah pernah mengaktifkan fitur ini, maka akan diminta memasukkan kode kunci yang telah anda buat sebelumnya.

3. Selanjutnya silahkan pilih aplikasi yang mau anda sembunyikan. Caranya dengan menggeser pilihan yang berada di samping daftar aplikasi yang tersedia. Ketika aplikasi-aplikasi tersebut disembunyikan, hanya ikonnya saja yang tidak ditampilkan di Homescreen. Dan hal tersebut tidak akan mempengaruhi data aplikasi itu sendiri.
4. Apabila anda ingin menampilkan kembali aplikasi yang sudah disembunyikan, caranya mudah. Cukup menggeser pilihan yang berada di samping daftar aplikasi ke arah sebaliknya.

Cara Menyembunyikan Aplikasi dari Appstore

Sekarang langkah yang kedua yaitu bagaimana cara menyembunyikan aplikasi di iPhone yang bukan merupakan aplikasi bawaan iPhone atau aplikasi yang telah anda download dari Appstore. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

1. Buka menu Setting, lalu pilih General.

2. Pilih tap Restrictions, dan pastikan fitur ini sudah dienable.

3. Gulir ke bawah hingga sampai ke bagian Allowed Content, lalu pilih Apps.

4. Selanjutnya pilih Don’t Allow Apps untuk menyembunyikan semua aplikasi selain bawaan iPhone atau aplikasi yang telah anda download dari Appstore.
5. Anda juga bisa menggunakan pilihan rating usia untuk menyembunyikan hanya beberapa aplikasi saja. Misalnya anda ingin menyembunyikan aplikasi yang diperuntukkan untuk usia 4 tahun ke atas, maka silahkan pilih tanda 4+ pada pilihan yang tersedia, atau untuk usia 12 tahun ke atas maka silahkan pilih tanda 12+, dan seterusnya. Mengenai aplikasi mana saja yang masuk ke kategori rating usia tertentu, hal ini sudah ditentukan dari Appstore sendiri. Jadi di sini semua aplikasi sudah otomatis mengikuti penilaian dari Appstore.

Demikianlah langkah-langkah dan cara menyembunyikan aplikasi di iPhone. Selain pada perangkat iPhone, cara di atas juga bisa dilakukan pada perangkat iPad.
Cara Menyembunyikan Aplikasi Di iPhone dan iPad Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sukmono -