Cara Mempercepat Koneksi Internet Di Android Yang Lemot

Memiliki internet dengan kecepatan yang super cepat tentu menjadi impian setiap orang, terutama bagi pengguna smartphone android. Di Indonesia sendiri, kecepatan internet yang ada masih tergolong lambat meskipun sudah didukung jaringan 3G/HSDPA. Hal ini dikarenakan belum meratanya infrastruktur penunjang jaringan internet.
Koneksi data internet di smartphone android memang tidak selalu cepat. Kadang pengguna dibuat lama menunggu hanya untuk membuka satu halaman website atau mengunduh sebuah aplikasi di Google Playstore. Padahal koneksi internet yang cepat dan lancar sangat dibutuhkan oleh pengguna smartphone android karena aktifitas yang berhubungan dengan koneksi internet sangat banyak, seperti browsing, mengunduh aplikasi, bermain game online, chatting, sosial media, dan lain sebagainya. Apabila koneksi internet yang ada terasa sangat lelet, maka hal ini akan mempengaruhi kinerja dari smartphone itu sendiri menjadi tidak stabil.

Namun sebenarnya ada cara mempercepat koneksi internet di android sekaligus mengatasi yang namanya lag yang kadang terjadi pada smartphone yang memiliki spesifikasi rendah. Dalam panduan ini akan dijelaskan beberapa cara mempercepat koneksi internet di android yang lemot dengan mudah sehingga anda tidak akan dipusingkan lagi dengan koneksi internet lambat.

1. Gunakan Operator Seluler dengan Jaringan Terkuat

Operator seluler atau penyedia layanan internet (ISP) yang anda gunakan merupakan faktor yang paling penting dalam menentukan cepat atau lambatnya koneksi internet yang anda miliki. Cara mempercepat koneksi internet di android yang pertama adalah pilihlah operator seluler yang memilki kualitas jaringan yang paling bagus dan sudah mendukung 3G/HSDPA di tempat anda. Selain itu, memilih paket data yang tepat juga harus diperhatikan agar kecepatan koneksi internet anda bisa lebih maksimal.

2. Pilih Jaringan 3G atau WCDMA Only

Apabila di daerah anda sudah terkover jaringan 3G, maka sebaiknya anda mengubah pengaturan jaringan di smartphone android anda menjadi 3G atau WCDMA Only. Hal ini perlu dilakukan karena biasanya pengaturan jaringan standar pada smartphone android adalah mode Automatic, yang menyebabkan smartphone android hanya akan berusaha mencari sinyal terdekat saja. Padahal sinyal yang terdekat belum tentu adalah jaringan 3G, tapi EDGE yang kekuatan sinyalnya lebih rendah dari 3G, sehingga kekuatan jaringan yang anda dapatkan tidak bisa maksimal.

Untuk mengubah jaringan smartphone android ke mode 3G atau WCDMA Only, caranya silahkan masuk ke menu Setting, lalu Wireless & Networks, lalu pilih Mobile Networks, kemudian Networks Mode, setelah itu pilih WCDMA Only. Ketika pengaturan jaringan smartphone android anda berada di mode 3G atau WCDMA Only, smartphone android akan selalu berusaha mencari jaringan 3G dan membuat koneksi internet anda menjadi lebih cepat.

3. Gunakan Browser Tercepat dan Paling Ringan
Ini adalah cara mempercepat koneksi internet di android ketiga yang harus anda perhatikan. Ketika anda menggunakan smartphone android untuk berselancar di dunia maya, entah itu membaca berita, artikel, atau mengunduh file, pastikan untuk memilih aplikasi browser yang tercepat dan paling ringan karena hal ini sangat mempengaruhi kecepatan koneksi internet yang sedang anda pakai. Jangan menggunakan aplikasi browser yang terbaik, karena browser terbaik belum tentu tercepat, tapi browser tercepat sudah pasti baik untuk smartphone android anda.

Beberapa browser tercepat dan paling ringan yang bisa anda coba saat ini adalah Opera Mini, Baidu Browser, Chrome dan UC browser. Browser ini tidak langsung menanggapi permintaan pengguna saat melakukan browsing, namun permintaan tersebut akan dilewatkan melalui server terlebih dahulu untuk dilakukan kompres agar data yang dikirimkan ke pengguna berukuran menjadi lebih kecil.

Metode kompres yang dilakukan oleh beberapa browser ini merupakan langkah yang tepat untuk mempercepat proses pengiriman data dan pastinya juga menjadi salah satu cara mempercepat koneksi internet di android anda. Aplikasi browser ini juga sangat cocok untuk digunakan apabila anda ingin menghemat kuota internet agar tidak cepat habis.

4. Pakai Aplikasi untuk Mempercepat Koneksi Internet Android

Cara mempercepat koneksi internet di android bisa juga dilakukan dengan memasang aplikasi yang memiliki kemampuan dapat mempercepat koneksi internet, seperti Network Signal Info, Network Signal Booster, Onespeed, Flash Speed, Internet Booster, Network Speed Booster, dan lainnya. Aplikasi ini akan mengganti pengaturan standar pada smartphone android dan mengoptimasinya agar memperoleh koneksi internet yang lebih cepat.

5. Bersihkan Cache Secara Rutin

Salah satu hal yang menjadi penyebab lambatnya kinerja smartphone android adalah cache. Cache yang menumpuk juga bisa mengganggu kestabilan koneksi internet yang anda miliki. Solusinya adalah bersihkan atau hapus cache yang menumpuk secara rutin agar hal tersebut tidak memperlambat kinerja dan koneksi internet pada smartphone android anda.

Anda pun bisa menggunakan aplikasi Clean Master untuk membersihkan cache di smartphone android anda. Selain membersihkan cache, aplikasi ini juga dapat membebaskan memori RAM yang penuh sehingga bisa mengoptimalkan kecepatan dan performa smartphone android anda secara maksimal.

Demikianlah beberapa cara mempercepat koneksi internet di android yang lemot dengan mudah. Langkah-langkah di atas bisa anda lakukan untuk membuat koneksi internet di smartphone android anda menjadi lancar dan stabil serta menjadikan segala aktifitas dan kerja anda menjadi menyenangkan tanpa harus bosan menunggu loading halaman browser selesai. Selamat mencoba.
Cara Mempercepat Koneksi Internet Di Android Yang Lemot Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sukmono -