Friday, December 6, 2013

Apakah iOS itu? Sejarah iOS dari Apple

Apa sih iOS itu? Mungkin Anda sering dengar tentang iOS ketika akan membeli sebuah iPhone atau iPad. Atau mungkin juga saat banyak orang yang membanding-banding antara iOS dan Android. Lalu apa sebenarnya iOS itu? iOS atau iPhone OS adalah adalah Sistem operasi yang diperkenalkan pada acara Macworld sekitar tahun 2007. Pada saat pertama kali diluncurkan iOS memiliki fitur yang sangat terbatas dan tidak selengkap seperti saat ini.

iOS1 - Hadirnya iPhone Pertama tahun 2007
iOS1 merupakan sistem operasi iPhone pertama yang diluncurkan oleh Apple seiring dengan diluncurkannya iPhone. Di generasi pertama iOS ini, fitur-fiturnya cukup minim. Tidak ada copy paste, tidak ada App Store. Namun diperkenalkan iPhone dengan layar sentuh resistive, telah membuat orang terpesona dengan kehadiran iPhone dengan sistem operasi iOS1


IOS 2: Mulai Diperkenalkan App Store - 2008
Mulai iOS2 Apple memperkenalkan App Store, sebuah toko aplikasi online, dimana Anda bisa dengan mudah download aplikasi dan game langsung dari iPhone dengan terlebih login menggunakan Akun iTunes/ App Store.  Fitur lain yang diperkenalkan Apple adalah Microsoft Exchange dan tentu saja Google Map dengan fitur yang lebih disempurnakan.

IOS 3 - 2009
Apple menghadirkan iOS3 untuk menyempurnakan iOS2, di iOS3 mulai memperkenalkan fitur copy paste, juga ada menu spotlight search yang sangat bermanfaat untuk mencari aplikasi atau kontak, Find My iPhone, voice control, Bluetooth dan USB tethering.

IOS 4 tahun 2010 : Mulai Hadir Facetime, Multitasking, dan Layar Retina & FaceTime [2010]

Di iOS4 Apple menghadirkan fitur teranyarnya yakni MultiTasking, dimana kita bisa beralih dari satu aplikasi ke aplikasi dengan mudah dan cepat. Kehadiran Retina Display untuk iPhone, membuat tampilan game di iOS4 semakin kinclong.  Tak ketinggalan di iOS4 kita bisa menggunakan iPhone sebagai Hotspot.

IOS 5: Notification Center dan Siri - 2011
Di tahun 2011, Apple merelease iOS5. Fitur utamanya adalah Siri dan Notification Center.  Tak ketinggal fitur iCloud juga mulai diperkenalkan, dimana kita bisa menyimpan file, foto sampai video di iCloud, sehingga bisa dengan mudah diakses dari iDevice lain. Di iOS5 juga kita bisa mulai mengupdate iOS via koneksi Wifi langsung dari iPhone kita.

 
IOS 6: Hilangnya Google Map diganti Apple Map dan hadirnya Passbook - 2012
iOS 6 hadir pada setelah direleasenya iOS5 yakni pada tahun 2012. Yang paling fenomenal dari iOS6 adalah hadirnya Apple Map sebagai Map default yang menggantikan Google Map. Juga hilangkan aplikasi default Youtube. Sebagai gantinya kita harus menginstall Google Map atau Youtube dari App Store.  Di iOS6 juga Apple mulai memperkenalkan Passbook.

iOS7 : Tampilan Baru iOS - 2013
Setelah sebelumnya tampilan iOS tampil sama sampai iOS6. Nah, di iOS7 Apple memperkenalkan desain dan tampilan baru di iOS7 yaitu Flat. Icon aplikasi tampil Flat tanpa efek 3D, sehingga kelihatan lebih bersih dan enak dipandang mata.  Fitur-fitur baru dari iOS7 diantaranya adalah
  • Control Center – yang terbiasa menggunakan SBSetting, tidak akan asing lagi dengan kehadiran Control Center. Lewat Control Center kita bisa dengan mudah mengakses Offline Mode, Wifi, Bluetooth, Play Musik dll.
  • Tampilan MultiTasking Baru – Multitasking di iOS7 mengalami perubahan yang cukup besar. Tampilan aplikasi di menu multitasking, tidak lagi cuma icon aplikasi di bawah layar, tapi kini tampil besar di tengah-tengah layar, dengan preview dari aplikasi yang sedang berjalan.
  • AirDrop – Kirim Foto lewat Bluetooth, di iOS7 bisa dengan mudah dilakukan menggunakan fitur AirDrop.
  • iTunes Radio – Ingin dengerin radio di iPhone, kini Anda bisa melakukan dengan mudah, tanpa perlu lagi menginstall aplikasi tambahan, karena iOS7 sudah Built in iTunes Radio.


Kini, Andapun tidak perlu lagi bingung disaat ada yang bertanya tentang iOS itu apa? atau saat akan membeli sebuah iPhone atau iPad, Anda tidak akan lagi bingung dengan OS iPhone yakni iOS.


1 comment: